Selasa, 03 Maret 2009

Wismamas Cinere

Berawal akhir tahun 2005 tepatnya bulan Nopember 2005 saya menetapkan untuk membeli sebuah rumah di Perumahan Wismamas Cinere dengan pengembang PT Wismamas Citraraya, saya memutuskan hal ini karena :
  1. Harga perumahan ini pada saat itu masih terbilang masuk akal, di lain sisi rumah untuk kawasan Cinere dan sekitarnya sudah terbilang mahal bagi saya.
  2. Cinere dan sekitarnya masih memiliki hawa positif untuk sebuah tempat tinggal dilihat dari udara yang segar dan air yang cukup bersih.
  3. Kebetulan dekat dengan orang tua kami.
  4. Jarak ke kantor sudah terbiasa (padahal sih menurut kilometer terhitung jauh 29 km
  5. Sudah berdirinya perumahan wismamas Pondok cabe (bersebelahan dengan Wismamas Cinere)
Karena hal tersebut diatas saya memilih di Blok C 8/22, dengan harga jual total sebesar Rp. 140 juta-an (exclude KPR). Dengan cicilan yang termasuk bersahabat yaitu selama 14 bulan + 2 bulan dengan total sebesar Rp. 35 juta-an, dan impian saya untuk menempati rumah tersebut adalah Bulan Maret 2007 -- tepat dengan bulan ulang tahun kesatu putra pertama saya.

Namun Impian tinggal cerita sampai dengan akhir tahun 2008 rumah tidak kunjung selesai, Rencana pembangunan jalan Tol CIJAGO (cinere-jagorawi) yang kebetulan membelah perumahan menjadi 2. Mulailah timbul permasalahan dimana terdapatnya ratusan rumah yang terkena proyek Tol tersebut sehingga pembangunan diberhentikan sampai dengan terdapatnya pencairan pembebasan lahan Tol tersebut (info pengembang) adapun permasalahan yang timbul sangat bervariatif, namun sebagian besar antara lain :
  1. Konsumen yang terkena pembebasan lahan meminta ganti rugi untuk dikembalikan Down Payment yang telah diberikan kepada PT Wismamas Citraraya.
  2. Konsumen yang tidak terkena Tol meminta kepastian kapan rumah yang telah dipilih dan dibayarkan DPnya akan dibangun.
  3. Konsumen yang sudah tidak percaya lagi dengan Pengembang tersebut memilih membatalkan DPnyadikembalikan.
Solusi untuk pemecahan permasalahan tersebut melalui pendekatan secara pribadi maupun Bersama Forum Konsumen Wismamas Cinere (FKWC) bekerjasama dengan YLKI dan pengacara. namun sampai dengan detik ini pengembang masih bersikeras bahwa modal kerja mereka tidak ada sehingga untuk menyelesaiakan permasalahan yang timbul pengembang menunggu pencairan dana dari pemerintah Depok.

Berita terakhir (Bulan Pebruari) - warta Kota minggu terakhir (kamis/jumat).. dimuat berita bahwa pemerintah kota depok akan menyelesaikan pencairan dana pembebasan Tol Cijago Tahap I pada Bulan Maret 2009 dan dimulainya tahap pembangunan fisik pada tahun ini juga, adapun tahapan sebagai berikut :
  1. Tahap I : Cibubur - Jl Raya Bogor
  2. Tahap II : Jl Raya Bogor - Kota Depok
  3. tahap III : Kota Depok - Cinere
Apabila membaca berita tersebut maka saya menafsirkan penggantian ganti rugi, pengembalian DP konsumen serta pembangunan di Perumahan wismamas Cinere masih jauh....

Ada hikmah apa dibalik semua ini... semoga yang terbaik untuk kita semua..

firman.

3 komentar:

  1. Assalamu alaikum WR.WB,...
    Pkabar pak firman,...? saya baca tentang milis bapak sy sangat prihatin sekali tentang terjadinya perumahan Wismamas-cinere limo dilewati akses toll CIJAGO,mudah2an terselesaikan permasalahan ini dengan damai,dan dihak P3T dapat mengurusnya lebih cepat untuk pembayaran Tahapan2 diatas.sekali lagi sama minta maaf,..sebesar2nya,saya merasa bersalah sebagai marketing WISMAMAS cinere-limo.maafkan saya y pak,tq verry2 much,...
    note: mampir2 pak di website saya www.andaravillage.com or www.rumah78.cc.co

    wassal;
    Dirman

    BalasHapus
  2. terima kasih pak dirman, atas doanya dan permintaan maafnya saya terima. sukses di tempat baru ya....

    BalasHapus
  3. Alhamduliilah, itu kata yang terucap, hari ini setelah perjuangan teman-teman FKWC selama ini, adalah hari pembayaran terakhir (pengembalian uang muka)untuk sebagian calon konsumen oleh PT Wismamas Citraraya, meskipun kerugian dari sisi imaterial tidak terpenuhi, minimal uang kami kembali... semoga hal-hal yang terkandung dalam semua rangkaian proses ini dapat kita petik hikmahnya....
    terima kasih pak Andris CS, tentunya banyak rahmat dan berkah yang kalian peroleh untuk kelegaan hati kami semuanya..

    Firman.

    BalasHapus